Langsung ke konten utama

Malas, Buat Hidup Makin BerkualitasOleh: Ahmad Saiful Rizal | 14 October 2011 | 23:19 WIB kompasiana

Mungkin judul yang satu ini agak kontroversi dengan paradigma kebanyakan orang.
Sebagian ada yang bertanya, mana mungkin ada malas yang berkualitas? Masak sih, malas itu berkualitas? Bukannya orang malas itu temannya setan? Ah, ada-ada adja kau ini, ngaco tahu.. Ok lah kalau begitu, saya sangat memaklumi jika ada yang bertanya seperti itu. eits… tunggu dulu kalau aku yang ditanya pasti akan menjawab ADA.
Buktinya? Ntar aku jelasin. kalau bukti mah jangan ditanya, terlalu banyak bukti soalnya. Bahkan menurtuku kemajuan teknologi ini disebabkan oleh para malas. Tanpa kemalasan, mungkin tak satu pun teknologi terlahir. Mulai dari yang sederhana sampai yang luar biasa. Semua technologi itu ada disebebakan oleh ulah “orang-orang pemalas”.
Karena malas, akan menunjang daya kreativitas!
Mungkin sebagian ada yang mengerutkan dahi setelah memebaca pernyataan saya ini.
Nanti kita akan melihatapakah pernyataan saya ini benar apa salah.
Kita akan melihat betapa sekian banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang malas lah yang memberi kontribusi yang cukup signifikan dalam kemajuan teknologi di zaman ini.
Rasa malas mendorong kreativitas. Dari situ, seseorangbisa menghasilkan sesuatu yang lebih banyak dari pada orang yang bekerja keras. Misalnya, orang yang memasangkan bajak di pundak sapi adalah orang yang tidak ingin memeras keringat dengan mencangkul.
Siapapun yang menggiling gabah dengan memanfaatkan air terjun adalah dia yang benci harus menumbuk padi dengan alu.
Mereka semua adalah para pemalas. T
api, kemalasan itu nyatanya berefek positif, mampu membawa perubahan besar bagi peradaban manusia. Itu sekadar contoh teknologi sederhana, belum yang lainnya.
Belum lagi jika berbicara tentang telpon, internet, hp, komputer, pesawat, mobil, sepeda motor, dan lain sebagainya. Semua teknologi itu lahir tak lain karena kebanyakan manusia berpikir “malas”.
 Para pemalas hanya melakukan apa yang mereka sukaidan senangi.
Jadi, motivasi mereka adalahyang penting enak, mudah dan praktis.
Ndak mau ribet pokoknya.
Dalam mengerjakan pekerjaan masing-masing, merekasangat gembira dan seperti hanya bermain-main saja. Pikiran dan tubuh senantiasa segar bugar.
Kreativitas terus meningkat.
Inilah salah satu kunci kesuksesan.
Sebaliknya, para pekerja keras bekerja dengan membabi-buta. Hal yang mereka dapatkan tentu saja kelelahan fisik dan mental. Motivasinya biasanya uang.
Kreativitas terbelenggu dan bawaannya hanya mengeluh. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa sebenarnya rasa malas lah yang menunjang kreativitas. Iya kan? Coba aja kalau ndak ada orang yang berpikir malas. Pasti kita akan bersusah payah naik haji tanpa pesawat.Jangankan pesawat, naik kendaraan aja mungkin ndak. Orang naik pesawat atau kendaraan tak lain karena disebabkan oleh rasa malas. Malas kecepean, ribet, danlain sebagainya. D
tiambah lagi malas buang-buang waktu, tenaga dan biaya.
Bahkan orang beribadah pun juga disebabkan malas.
Yaitu malas disiksa dan sengsara di akhirat kelak.
Inilahyang dinamakan Malas yang Positif. Rasa malas seperti ini sangat membantu manusia untuk menjadi pribadi yang anggun dan berkualitas.
Tahu ndak, bahkan Pak Mario Teguh yang kita kenal sebagai Motivator pun juga dihinggapi oleh rasa malas juga lho. Dalam sebuah statusnya di FB, beliau pernah menulis; Apakah Pak Mario pernah merasa malas? Sebetulnya, saya ini pemalas. Rasa malas adalah rahmat, yang dianugerahkan kepada semua orang. Tapi, tidak setiap orang menggunakan rasa malas untuk membesarkan dirinya. Saya sangat malas sekali menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Tapi itu setelah saya tersiksa karena malas melakukan yang baik. Jadi, malaslah menjadi pribadi yang tidak bernilai. Hem.. mencerahkan sekali bukan kata-kata beliau. Ternyata, seorang Motivator yang penuh gairah pun juga punya rasa malas. “Malas adalah rahmat yang dianugerahkan kepada semua orang” itu kata beliau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lukisan Karya Affandi

Karya Lukisan sang Maestro Afandi yang berjudul "Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan" merupakan salah satu karya langka dan istimewa dari Afandi, diantara Karya-karya istimewa lainya, namun Lukisan ini memiliki nilai falsafah hidup yang dalam, dimana setiap individu Manusia yang ada di Dunia ini terlahir sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk ciptaan Tuhan yang lainya seperti Malaikat, Jin, Hewan, Dll. Dimana kesempurnaan Manusia itu sendiri adalah terwujud karena adanya kelemahan terbesar yang dimiliki Manusia yaitu hawa nafsu yang cenderung berbuat untuk mengingkari kodrat sebagai makhluk yang sempurna, dan seringkali hawa nafsu digoda oleh berbagai bisikan-bisikan setan yang menyesatkan. Disini perwujudan dari bisikan-bisikan setan itu dilukiskan Afandi seperti sesosok Topeng-topeng yang berperan sebagai tokoh kejahatan dalam cerita-cerita Jawa.  Dan Topeng itu sendiri cenderung bukan wajah asli dari diri Manusia

Budidaya Ternak Itik Petelur |

  A.  LATAR BELAKANG    Itik dikenal juga dengan istilah bebek dalam  ( bahasa jawa )  nenek moyangnnya berasal dari amerika utara merupakan itik liar.(anas mascha)atau mild malard. terus menerus di jinakkan oleh manusia hingga jadilah itik dan di pelihara sekarang yang disebut aras demesticus (ternak itik). Jenis bibit unggul yang diternakan khususnya di  I ndonesia ialah jenis itik petelur seperti itik tegal,itik mojosari,itik bali,itik cu 2000-ina.  Itik yang akan  saya  pelihara atau budidayakan adalah  jeni itik yang dibudidayakan  secara intensif atau yang lebih dikenal dengan pemeliharaan di lahan kering atau dikandangkan yang akan memberi keuntungan diantara itik tidak lagi di gembalakan di sawah untuk mencari makan sendiri.  pakan dan minum di sediakan di dalam kandang air untuk berenang itik di sediakan sehingga itik hanya memanfaatkan energi untuk memproduksi telur. Telur menjadi pilihan karena merupakan sumber protein hewani yang gampang terjangkau oleh masyarakat

Biografi Sunan Kalijaga

Joko Said dilahirkan sekitar tahun 1450 M. Ayahnya adalah Arya Wilatikta, Adipati Tuban. Arya Wilatikta ini adalah keturunan dari pemberontak legendaris Majapahit, Ronggolawe. Riwayat masyhur mengatakan bahwa Adipati Arya Wilatikta sudah memeluk Islam sejak sebelum lahirnya Joko Said. Namun sebagai Muslim, ia dikenal kejam dan sangat taklid kepada pemerintahan pusat Majapahit yang menganut Agama Hindu. Ia menetapkan pajak tinggi kepada rakyat. Joko Said muda yang tidak setuju pada segala kebijakan Ayahnya sebagai Adipati sering membangkang pada kebijakan-kebijakan ayahnya. Pembangkangan Joko Said kepada ayahnya mencapai puncaknya saat ia membongkar lumbung kadipaten dan membagi-bagikan padi dari dalam lumbung kepada rakyat Tuban yang saat itu dalam keadaan kelaparan akibat kemarau panjang. Karena tindakannya itu, Ayahnya kemudian ‘menggelar sidang’ untuk mengadili Joko Said dan menanyakan alasan perbuatannya. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Joko Said untuk me